Makanan Khas Daerah Indonesia

Di indonesia mempunyai banyak keragaman budaya dan beraneka ragam makanan tradisionalnya. Indonesia mempunyai berbagai banyak provinsi dan masing-masing memiliki makanan khasnya dan biasanya setiap daerah mempunyai puluhan khas makanannya bahkan ada yang terkenal sampai ke internasional. Nah kali ini kita akan membagikan beberapa makanan khas daerah yang ada di indonesia.

  • Mie Aceh

Untuk masyarakat indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini berasal dari khas aceh. Biasanya mie aceh ini disajikan dengan mie kuning atau mie telor, lalu di berikan daging kambing atau sapi, bisa juga di kombinasikan dengan makanan laut seperti kepiting, cumi atau udang. Mie aceh biasanya di sajikan dengan sup kari yang memiliki rasa gurih dan pedas. Untuk penyajiannya biasanya ada 3 jenis yaitu mie aceh yang setengah basah, mie aceh kuah, atau mie aceh goreng.

  • Karee Kameng

Ini adalah makanan khas aceh yang menjadi favourite bagi orang aceh asli. Karee kameng (kari kambing) adalah lauk yang berada di setiap kedai nasi dan biasanya termpampang di depan kedai dengan wajah atau kuali yang besar. Tampilannya kuah kuning yang pekat dengan potongan daging kambing dan tulangnya di masak bersamaan. Mempunyai aroma rempah yang sangat terasa dan harum, juga mempunyai bau prengus khas kambing.

  • Lempah Kuning

Ini adalah salah satu makanan khasnya bangka dan menjadi menu sehari-hari mau di rumah makan atau di warung. Lempah kuning ini biasanya di sebut lempah laut karena proses memasak ikannya menggunakan nanas. Untuk makanan satu ini mempunyai aroma yang harum dan rasa yang sedikit asam.

  • Kerak Telur

Kerak telur adalah makanan khas betawi yang biasanya di hidangkan saat ada acara pekan raya jakarta dan juga saat ini sudah banyak di jual di pinggir jalan sebagai kulinernya kota jakarta. Rasanya yang lezat dan gurih sudah terkenal sejak masa belanda dan dulu menjadi primadona di batavia. Kerak telur ini termasuk fast food jakarta karena untuk menyajikannya tidak sampai 15 menit dan sudah dapat di santap dengan hangat dan lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *